Kamis, 12 April 2012

tugas MSDM


Peran Strategi SDM dalam Menghadapi Persaingan Global

Topik
Strategi SDM dalam menghadapi persaingan di era globalisasi

1.Abstrak
            Dalam era globalisasi persaiangan bisnis semakin tambah ketat saja. Dari tingkat makro, pemerintah perlu meningkatkan komptensi SDM melalui progam peningkatan mutu pendidikan. Sedangkan dalam tingkat mikro sendiri, perusahaan perlu mengadopsi visi, misi, dan strategi yang tepat yang didukung oleh strategi SDM itu sendiri. Selain itu perencanaan SDM juga perlu didukung oleh nilai-nilai kreativitas, layanan, continuous, learning dan inovatif. Dilihat dari segi lain juga pada dasarnya SDM itu sendiri berkaitan dengan 3 aktivitas yaitu : pengadaan, pemeliharaan, serta pelatihan dan pengembangan.

2. Teori
            a. Perubahan peran SDM
Saat teknologi baru dalam bidang seperti pengujian, dan mewawancarai mulai muncul, departemen mulai memainkan peran yang lebih luas dalam pemilihan, pelatihan, dan promosi karyawan. (Gary Dessler chapter 1)
Jurnal hal 2 Paragraf 1 dan hal 5 paragraf 3

            b. Perubahan lingkungan manajemen SDM(Lingkungan yang berubah)
Globalisasi mengacu pada kecenderungan perubahan untuk memperluasan penjualan, kepemilikan dan untuk manufaktur mereka ke pasar baru di luar negeri. ( Garry Dessler Chapter 1)
Jurnal Hal. 2 paragraf 1 dan Hal 2 paragraf 2


            c.  Standar pengukuran
Pengukuran kinerja SDM membutuhkan lebih dari sekedar standar pengukuran kinerja SDM yang ada saat ini. Manajemen puncak butuh dan mengharapkan informasi lebih jauh . Contoh CEO mungkin menanyakan manajer SDM untuk mempertahankan progam susulan SDM yang baru dengan sejumlah angka.
(Garry Dessler chapter 1)
Hal 3 paragraf 1

            d. SDM dan keuntungan kompetiif
Dalam rangka strategi kompetitif yang efektif perusahaan harus memiliki satu atau lebih keuntungan kompetitif. Keuntungan kompetitif data berwujud dalm berbagai bentuk. (Garry Dessler chapter 3)
Hal 5 paragraf 3

            e. Mengukur SDM : Strategi, standar pengukur, dan kartu nilai SDM
Strategi adalah rencana perusahaan untuk menyeimbangkan kekuatan dan kelemahan internal dengan kesempatan dan ancaman eksternal dalam mempertahanakan keuntungan kompetitif. (Garry Dessler chapter 1)
Hal 2 paragraf 3
Hal 4 paragraf 6
Hal 1 paragraf 1, 2, dan 3

4. Kesimpulan
Globalisasi sudah menjamah dari setiap kalangan,mulai dari sumber daya manusianya itu sendiri yang juga dapat di ukur dari produktivitas masing-masing dalam kinerjanya. Dalam konteks ini peran SDM sangat berguna sekali dalam membangun sebuah perusahaan yang akan dibangun. Dengan adanya globalisasi diharapakan para karyawan dapat memperluas daya pikirnya agar dapat bersaing di jaman era global seperti ini Strategi dalam era globalisasi juga sangat mendukung dalam perusahaan itu sendiri, sebab penentuan srtategi sumber daya manusia perlu memperhatikan dan mempertimbangkan misi, visi, serta srtategi korporat, serta perlu dirumuskan secara logis, jelas dan aplikabel. Selain itu dalam memilih strategi SDM peranan struktur organisasi harus berorientsi pada kebebasan bergagasan bagi semua karyawan, keterbukaan,suasana belajar yang kesinambungan.
  
5. Saran
            Dalam mengatasi peran sdm untuk menghadapi persaingan global, perusahaan harus mampu dan bahkan juga harus jeli dalam memotivasi para karyawannya, supaya tidak ketinggalan dalam era globalisasi. Perusahaan juga giat mengadakan seminar bagi para karyawaannya agar mereka tau produktifitas dari para karyawan itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar